English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Filipina Umumkan Kasus Cluster Pertama Flu Babi

MANILA - Otoritas kesehatan Filipina melaporkan kasus cluster pertama flu babi di negara itu. Flu A(H1N1) menyebar di sebuah sekolah dasar di Pulau Luzon.

Flu menyebar secara lokal dan tanpa melibatkan warga dari daerah luar, seperti yang terjadi pada sebuah sekolah dasar di Hong Kong, pekan lalu.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu mengumumkan peningkatan status flu A(H1N1) menjadi fase enam atau pandemi. WHO Pengumuman itu disampaikan setelah ditemukannya kasus cluster di Hong Kong.

Kepala Pusat Epidemiology Nasional, Eric Tayag, mengatakan kasus "komunitas flu A(H1N1)" dipastikan pada hari Minggu kemarin setelah dikonformasi 11 siswa sekolah di daerah Hilera, Pulau Luzon, terjangkit virus itu.

"Kami sudah melakukan langkah pencegahan. Sekolah akan ditutup selama 10 hari," jelasnya, dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio lokal dan dikutip AFP, Senin (15/6/2009).

Belum jelas, selain siswa yang dinyatakan positif flu A(H1N1), ada berapa jumlah siswa lainnya yang dikarantina. Namun pejabat setempat melaporkan, ada 90 siswa di sekolah itu yang menunjukkan gejala flu.

Otoritas mengumumkan, sampai saat ini, sudah terjadi 147 kasus flu A(H1N1) di Filipina. Namun belum ada korban meninggal

0 coMmEnt:

Posting Komentar